[the_ad_group id=”54″]

 

Aku harus bangkit. Harus. Telah lama aku terjatuh dalam kesedihan yang ku kira tidak bersudah. Menangisi hal yang tidak mungkin kembali. Dan, aku memutuskan untuk pergi.

Aku bukan pengecut. Aku hanya ingin berdamai dengan masa lalu. Aku tidak pernah merasa bahwa hidupku tidak berarti, aku hanya merasa inilah pelajaran dalam kehidupan.

Ditinggalkan oleh orang yang kita sayang? Tidak terbayang bagaimana perasaannya. Sedih, kecewa, hancur, serta bingung.

Jujur, aku sangat sedih. Tapi, kesedihan tidak akan membuat hidupku lebih baik. Kesedihan bagai lautan tenang tapi ia dapat menenggelamkan.

Kecewa, sudah pasti. Tapi, dengan ini aku belajar dewasa. Aku belajar bahwa dalam kehidupan ada yang datang dan pergi.

Hancur, tidak berbentuk. Aku menangisi kepergianmu. Tidak terhitung air mata yang aku keluarkan. Akan tetapi, aku tidak akan menyerah dalam hidupku.

Bingung, entah apa selanjutnya. Aku mengingat kenangan yang pernah terjalin di antara kita. Lalu, aku tersadar bahwa aku tidak bisa hidup terus menerus dalam kenangan.

Kita berdua ibarat di persimpangan jalan. Kamu telah memilih jalanmu sendiri, begitu pun aku. Kamu telah mencari kebahagiaanmu di kisah yang lain, tentu saja aku juga akan seperti itu.

Kita pernah berjalan bersama, melukiskan cerita berdua, dan ini saatnya kita akhiri cerita itu. Aku dan kamu akan menutup cerita itu.

Aku mulai membuka pintu dan berjalan keluar. Aku akan menyapa matahari pagi dan menghirup udara segar. Hidup tetap harus berlanjut, yang aku tahu kehilangan bukan berarti akhir dari segalanya.

Kita pernah tertawa bersama, menertawakan kekonyolan yang ada di hadapan kita. Semenjak kamu pergi, aku akan mencoba tertawa lebih lebar lagi. Tertawa bebas.

Semua janji yang pernah kita buat telah aku kubur dalam-dalam. Janji itu sudah mati. Aku tidak akan mengingatnya kembali. Aku akan menjalani hidupku.

Aku akan mencari kesibukanku kembali. Aku akan bermimpi tentang masa depanku lagi yang pernah berantakan ketika kamu meninggalkanku. Tetapi, sekarang aku telah bangkit. Aku akan menjadi orang yang baru, menuliskan cerita-cerita indah kembali, dan berpetualang menghadapi dunia secara berani.

[the_ad_group id=”54″]