[the_ad_group id=”54″]

 

Dengan mencintai kesendirian.

Kesendirian bukanlah suatu kutukan. Kadang ketika kita lelah dalam menjalani hidup yang seakan sia-sia ini, kita hanya butuh kesendirian. Mengapa? Kesendirian mengajarkan aku untuk mengenal diriku lebih dalam lagi. Dalam sendiri aku bersahabat dengan pikiranku, aku merasa bebas. Sendiri bukan berarti sunyi. Sendiri bukan berarti sepi. Sendiri adalah saat aku refleksi diri.

Kadang, bukankah lebih menyenangkan untuk berjalan di taman seorang diri dengan menghirup bau sesudah hujan dengan pemandangan warna-warni bunga dibandingkan pergi ke bar atau club yang penuh dengan orang?

Dalam kesendirianku, aku mengerti bagaimana menjadi manusia kembali. Aku menghilang dari hiruk pikuk dunia. Mau tahu di mana aku bersembunyi? Ya, aku sembunyi di kesindirian itu. Ketika aku sendiri, aku bisa menangis sekuat-kuatnya, berteriak sekencang-kencangnya, bahkan tertawa segila-gilanya. Banyak yang aku lakukan ketika aku menyendiri.

Aku memang lemah. Bukankah kita manusia mempunyai titik lemah?
Aku tidak akan menunjukkan kelemahanku di depan dunia. Ketika aku sudah lemah dan tak berdaya, aku berlari menuju kesendirian. Aku berlari menuju tempat yang selalu menerimaku.

Pernah kurasakan sakit yang begitu mendalam. Aku tidak mengobati sakit itu dengan bersenang-senang di luar. Aku hanya perlu sendiri. Aku menutup dari dunia luar. Hanya ada aku dan diriku. Aku merasa tenang.

Baca Juga :

Sendiri bukanlah tanda pengecut. Sendiri itu bukti bahwa kamu berani, bukankah seorang Batman selalu menjalankan misinya sendiri? Sendiri adalah bukti bahwa kamu percaya dirimu bisa, dirimu kuat.

Bagiku sendiri bukanlah sebuah aib. Menurutku, yang menjadi aib itu adalah ketika kita terjebak di kehidupan lain dan kita tidak bisa menyendiri dengan diri sendiri. Mengerikan!

Namun, bukan berarti aku ingin selamanya sendiri. Bagiku, sendiri bagaikan candu tersendiri dalam tubuhku. Aku sangat mencintai kesendirian karena bagiku hanya kesendirian yang bisa menenangkanku.

Apakah aku gila karena mencintai kesendirian?
Tahukah bahwa kesendirian itu bagai sebuah seni yang tidak bisa kita pahami?
Aku tidak bisa menjelaskan padamu bagaimana sendiri bisa begitu indah padaku, hingga kamu mencintai kesendirianmu.

[the_ad_group id=”54″]