Tajuknya sebuah pertanyaan, menjaga keharmonisan hubungan percintaan. Sebelum saya menjawabnya, mari kita simak dahulu untaian kata-kata di bawah ini.

 

Kutadahkan kepala menatap kelap-kelip bintang

Sang Ratu tengah bersandar elok di singgasana

Dalam dekap hangatmu aku meradang

Gejolak dalam menggebunya asmara

 

Tautan tangan yang tergenggam erat

Belenggu jiwa sejoli terjerat

Dari sorot teduh netra

Muncul benih-benih cinta

 

Berjalan beriringan dengan hati terpaut

Menghadapi segala coba dan uji hingga maut

Siapa yang tidak ingin memiliki pasangan sehidup semati? Kalau kalau sih mau. Namun, yang namanya takdir nggak ada yang tahu apakah jodoh kita saat ini akan menjadi jodoh sejatimu. Membaca hal tersebut, kita perlu melakukan usaha untuk menjaga hubungan percintaan kita agar selalu harmonis. Bagaimana caranya? Berikut jawabannya.

Komunikasi

 

Setiap menjalin hubungan, pasti diawali dengan komunikasi dan diakhiri pula dengan komunikasi. Untuk itu, komunikasi sangat penting adanya. Jalinlah komunikasi dengan pasanganmu sebaik mungkin. Jaga komunikasi agar selalu terjalin, jangan sampai putus atau hilang komunikasi. Karena hal ini bisa membuat masalah, seperti kesalahpahaman.

Untuk itu, hal pertama yang saya sarankan untuk menjaga keharmonisan hubungan percintaanmu adalah menjaga komunikasi berjalan dengan baik.

Pengertian dan Perhatian

 

Dalam komunikasi, selipkan pengertian dan perhatian. Salah satu hal yang membuat hubungan menjadi jenuh atau bosan itu karena kecuekan sifat masing-masing. Nah, untuk menghindari hal tersebut, setiap komunikasi yang kamu jalin, selipkan pengertian jika dia sibuk. Atau perhatian juga dibutuhkan. Agar pasangan merasa bahagia karena kamu begitu mengerti dia dan memahaminya.

Jujur

 

Tidak ada salahnya loh kalau kamu jujur sama pasangan. Apalagi soal jadwal atau apa saja yang kamu jalani hari ini. Hal ini akan membangun istana kepercayaan antar pasangan yang kokoh. Kita semua tentu tahu kalau yang namanya kepercayaan itu sulit didapatkan. Untuk itu, bangunlah kepercayaan antar pasangan.

Jangan coba-coba untuk berbohong dengan dalih pencitraan. Itu tidak perlu! Karena jika kebohonganmu terbongkar, hal tersebut hanya akan membuatmu bertengkar dengan pasangan. Bisa juga mengakibatkan kandasnya hubungan hanya karena masalah sepele.

Hindari Cemburu Buta

 

Cemburu itu wajar, apalagi rasa tersebut menunjukkan jika kita memiliki rasa lebih terhadap seseorang. Namun, jangan terlalu cemburu buta. Dengarkanlah dahulu penjelasannya untuk menghindari pertengkaran hebat. Ingat, selalu gunakan kepala dingin untuk menyelesaikan masalahmu.

Komitmen

 

Dalam menjalin hubungan membutuhkan komitmen. Mau dibawa ke mana hubungan asmaramu jika tanpa adanya komitmen? Apakah hanya akan stuck di situ saja? Siapa pun orangnya pasti ingin memiliki hubungan yang harmonis sampai ajal memisahkan.

Untuk itu dibutuhkan usaha-usaha yang baik untuk menjaga hubungan tetap harmonis walau badai atau pertengkaran sering kali terjadi. Siapa pun pasangannya, pasti pernah merasakan pertengkaran. Namun, aksi setelah pertengkaranlah yang penting. Apakah mereka masih mengingat komitmen bersama? Sehingga walaupun terjadi percekcokan kita tetap bisa kembali rukun bersama pasangan.

Waktu Berkualitas

 

Walaupun kamu atau pasangan sama-sama sibuk. Bukan berarti kamu terus cuek dengan pasangan. Setidaknya luangkan sedikit waktu kalian untuk bersama. Misalnya pulamg kerja bareng. Di tengah-tengah perjalanan pun bisa kita isi dengan berbagai obrolan ringan. Seperti mengevaluasi hubungan.

Mengevaluasi hubungan cukup penting untuk mengarahkan hubungan ke hal yang lebih baik lagi. Bisa juga untuk memperbaiki atau menambah komitmen yang sudah ada.