Bersikaplah Bodo Amat !!!

Manusia adalah makhluk sosial. Tentu kita sudah mendengar hal ini semenjak sekolah dasar. Artinya kita tahu bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Atau secara sederhana kita adalah makhluk yang hidupnya selalu ada hubungan dengan orang lain.

Bukanlah hal yang aneh apabila kita membantu, memikirkan keadaan orang lainnya, ataupun sekedar peduli terhadap sesama. Itu adalah hal yang lumrah. Kita sesama manusia memanglah harus menumbuhkan sifat peduli, empati, dan simpati terhadap sesama manusia.

Namun, bukan berarti kita harus selalu memikirkan orang lain disbanding diri sendiri. Terkadang bersikap bodo amat adalah sebuah cara yang tepat dalam kehidupan sosial. Bersikap bodo amat bukanlah berarti bahwa kita tidak mempunyai hati atau egois. Bodo amat adalah sebuah sikap menyayangi diri sendiri, bahwa kita memikirkan diri sendiri adalah sebuah hal yang wajar. Bodo amat terhadap sesuatu bukanlah kehilangan kepedulian, akan tetapi bentuk reaksi yang wajar. Manusia mempunyai batas dalam menghadapi sesuatu.

Terkadang, kamu mesti bersikap bodo amat terhadap lingkunganmu. Fokus terhadap diri sendiri adalah hal yang istimewa. Di mana kamu tidak perlu mati-matian untuk mendengarkan orang lain. Di sini kamu ingin memberi tahu bahwa orang lain mesti mandiri dan memikirkan hidupnya sendiri, mereka harus bisa tidak usah bergantung terhadap orang lain. Ini adalah kunci penting.

Bersikaplah bodo amat sesaat. Beri taulah bahwa hidup terkadang soal berjalan sendiri. Menjadi mandiri, tidak bergantung, dan bisa berpikir sendiri adalah sebuah keharusan untuk mengarungi arung jeram kehidupan. Hingga kelak tersadar bahwa sejatinya kehadiran orang lain bukan berarti harus kita penuhi dengan kesusahan, bersikaplah dewasa dan berpikiran terbuka.

Bersikaplah bodo amat. Hingga kamu mengerti bahwa kamu bisa berdiri di kaki sendiri.