Kenali Lebih Dekat Ciri-ciri Kucing Hamil. Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Jika kucing yang kamu miliki betina, tentu kucing tersebut bisa kapan saja mengalami masa kehamilan seperti mamalia pada umumnya.

Jika kamu dapat mengenali lebih dekat bagaimana ciri-ciri kucing yang sedang hamil, maka hal itu bisa sangat membantu kamu dalam melakukan perawatan kepada kucing tersebut. Mengingat dalam memperlakukan kucing yang sedang hamil pasti berbeda dengan memperlakukan kucing yang tidak hamil. Selain itu, hal ini juga dapat membantu kamu dalam mempersiapkan proses kelahiran kucing apabila tahu ciri-cirinya lebih awal.

Maka jika kamu memang ingin mengembangbiakkan kucing peliharaan tersebut, kamu perlu mengetahui ciri-ciri kucing hamil supaya dapat menjaga serta memberi perawatan yang baik agar bayi di dalam kandungan bisa tetap sehat sampai lahir.

Ciri-ciri tersebut mungkin bisa sulit untuk dikenali. Namun, dengan mengetahui tanda-tanda berikut ini maka dapat membantu kamu dalam membedakan apakah kucing yang kamu pelihara dalam keadaan biasa atau sedang hamil.

Tips hewani lainnya: Kamu juga harus tahu bagaimana cara menggemukkan kucing agar tetap sehat.

Lebih Sering Tidur

Ciri-ciri kucing hamil yang pertama adalah cenderung memerlukan waktu yang lebih lama untuk tidur. Namun, hal ini juga diimbangi dengan nafsu makannya yang cukup meningkat. Perlu diketahui jika kucing yang lebih sering tidur tersebut tidaklah sakit, melainkan memang sedang dalam keadaan hamil.

 

Punggung Kucing Melengkung

Jika ingin mengetahui kucing yang kamu pelihara sedang hamil atau tidak, maka amatilah bentuk punggungnya. Punggung kucing yang tidak hamil akan nampak datar dan seperti tidak ada yang aneh. Akan tetapi, punggung kucing yang sedang hamil akan terlihat melengkung dan akan semakin jelas ketika perutnya semakin membesar.

 

Putting Susu Membesar

Ciri-ciri kucing hamil selanjutnya adalah puting susu yang membesar. Biasanya ini terjadi pada hari ke-15 di awal kehamilan. Peristiwa ini biasa disebut dengan pinking up atau tanda persiapan diri dari kucing yang akan menyusui bayinya.

 

Perut yang Membulat

Bila perut kucing terlihat sedikit membulat, maka kemungkinan besar kucing tersebut sedang hamil. Pada saat ini kamu perlu hati-hati dalam merawatnya. Pasalnya, jika kucing mendapat tekanan yang cukup keras maka hal ini dapat menimbulkan resiko keguguran.

 

Bulunya Mudah Rontok

Kucing yang sedang hamil biasanya akan mengalami kerontokan bulu yang agak lebih parah dari  biasanya. Ciri-ciri kucing hamil ini bisa dilihat dari bulu yang melekat pada kulitnya semakin menipis.

 

Kucing yang mengalami kehamilan memproduksi hormon tertentu dalam tubuh yang memproduksi minyak di lapisan kulitnya. Maka jika kucing yang kamu pelihara mengalami kerontokan bulu tidak seperti biasanya, jangan panik dan tergesa-gesa membelikan obat. Sebab, bisa jadi itu merupakan ciri-ciri kehamilan.

 

Muntah

Ciri-ciri kucing hamil yang lainnya adalah mengalami muntah-muntah. Jika yang dialami cukup berlebihan, maka sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan agar mendapat perawatan yang tepat. hal ini untuk memastikan apakah yang dialaminya karena hamil, keracunan atau penyebab yang lain.

 

Lebih Pendiam

Ciri-ciri kucing hamil bisa kamu amati dari pola tingkah laku si kucing. Biasanya, kucing yang sedang hamil akan lebih bertingkah malas dan lebih banyak diam. Pada saat seperti ini sesungguhnya kucing sedang menginginkan perhatian yang lebih.

 

Keluar Air Susu

Ciri-ciri kucing hamil yang terakhir yaitu air susu yang keluar dari puting kucing. Hal ini menandakan bahwa kucing tersebut tengah hamil tua. Kelahirannya pun sudah bisa diprediksi, yakni sekitar 2 hingga 3 minggu ke depan.

 

Itulah ciri-ciri kucing hamil yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengenali lebih awal tanda-tanda kehamilan kucing, sehingga kamu dapat memberi penanganan yang tepat.