Penting Atau Tidaknya Mempublikasikan Hubungan?

Bila kita membuka instagram dan melihat foto Raisa dan Hamish Daud, tentu kita pasti sepakat bahwa mereka adalah pasangan yang serasi. Raisa si penyanyi menawan bersanding dengan Hamish seorang aktor yang multitalenta. Di halaman instagramnya, Raisa maupun Hamish sering membagikan foto mesra mereka dari pacaran hingga menikah. Kita sang netizen dibuat iri seolah tidak ada lagi tempat di dunia ini. Mereka menjadikan seakan dunia hanya milik mereka, kita hanyalah numpang lewat saja. Dan kita di sini memikirkan bagaimana antara hubungan dan publikasi.

Pernah melihat foto atau video ketika lagi makan dan kamu tidak sadar sedang difoto oleh pasanganmu? Lalu foto tersebut diunggah dia ke media sosial dan menandai kamu sebagai pasangan. Selanjutnya, orang akan mengetahui bahwa kalian berpacaran. Hanya dengan sebuah foto atau video, semua orang tahu tentang status asmaramu saat ini.

Namun, ada beberapa orang yang menutupi tentang kisah asmaranya dari media sosial. Seakan jendela di hari yang dingin, ia menutupnya sangat rapat. Tidak pernah mempublikasikan tentang hubungannya dengan pacarnya. Yang tahu hanyalah mereka orang terdekat, sedangkan mereka yang lain terkadang penasaran. Ada beberapa lainnya juga tidak begitu memperdulikan. Begitulah jika suatu hubungan tidak dipublikasikan. Minim drama dan tidak banyak menuai pandangan orang lain.

Lalu manakah yang lebih baik?

Sebenarnya dua contoh di atas mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika begitu, bagaimana menentukannya?

Itu adalah kesepakatan antara kamu dan pasanganmu.

Dipublikasikan atau tidak, yang terpenting dalam hubungan adalah komunikasi satu dan lainnya. Menjaga kepercayaan dan rasa untuk hadir tetap bersama dalam suka duka.
Mau publikasi atau tidak pada akhirnya kitalah yang menjalani hubungan ini. Biarkan orang menilai bagaimana tentang hubungan kita. Intinya, kesepakatan antara publikasi atau tidak: diskusikanlah dengan pasangan hingga menemukan kesepakatan.

Karena cinta sejatinya adalah soal rasa antara dua insan. Perkara pandangan orag lain biarlah berlalu selama kita tidak menganggu. Biarkanlah kita memilih jalan yang kita anggap baik dan selalu semangat menjalani kehidupan ini.