[the_ad_group id=”54″]

Saat netraku terbuka dan masih kamu yang kulihat, saat itulah aku merasa aku dewasa. Mempertahankan sebuah hubungan bukan perkara mudah, apalagi sampai sejauh ini. Berbagai cerita kita lalui bersama, tak lupa canda dan tawa ikut iringi kita.

Sejauh ini bukan tidak pernah masalah menghampiri kita. Bukan tidak pernah kesalahpahaman hampir melerai kita. Entah yang memulai siapa, kita bersedia menurunkan ego demi akhir yang bahagia. Sahabat, harapku, semoga kita mampu menua bersama.

Tanda bahwa kalian sudah dewasa adalah kalian mampu bertahan dalam sebuah hubungan, baik itu pekerjaan, percintaan, bahkan persahabatan. Hati kalian tidak mudah goyah dan berpindah. Kalian memiliki keyakinan bahwa yang terganti tak akan lagi sama. Oleh karenanya begitu baik kalian dalam hal menjaga.

Kali ini kita akan membahas beberapa tips agar hubungan persahabatan awet sampai dewasa. Karena sahabat itu susah dicari, maka jangan entengkan begitu saja, ya kawan-kawan. Diantara tips-tips tersebut adalah :

 

Menganggap Rahasia Teman adalah Rahasia Kita

Bukan karena dia sahabatmu kantas kamu entengkan begitu saja ia. Jangan sampai kamu merusak kepercayaan yang sudah diamanahkan kepadamu. Apalagi sampai berpikir untuk menceritakan rahasianya kepada orang lain. Itu melanggar etika kesopanan, dan bukan sahabat namanya jika hal itu kalian lakukan.

 

Hargai Privasinya

Setiap manusia memiliki privasinya sendiri-sendiri. Bukan karena kamu sahabatnya lantas kamu bisa tau segala hal tentangnya. Hargai privasinya, berikan ia space untuk dirinya sendiri, kecuali dia sendiri yang mengundang kalian masuk kedalamnya.

 

Jangan Lakukan Hal yang Tidak Disukai Sahabatmu

Hargai keberadaannya dengan cara berikan kenyamanan padanya. Jangan melakukan apa yang tidak ia sukai. Menghargai tidak akan lantas membuat harga dirimu jatuh, justru menunjukkan seberapa dewasanya diri kalian saat ini. Jaga juga bicara kalian jangan sampai menyakiti. Tidak lucu rasanya saat mendengar kata menyakitkan dari seorang sahabat.

 

Sportif Dalam Bersahabat

Jangan iri dengan pencapaiannya. Dukung apa yang sahabatmu lakukan. Jangan justru menjadi musuh dalam selimut. Jadilah tim yang solid dan kompak. Ingat! Kalian adalah tim kawan bukan tim lawan.

 

Tidak Melupakannya Begitu Saja

Bukan berarti kamu tidak boleh berteman dengan yang lain. Hanya saja, jangan seperti itu. Tiba-tiba pergi bersama teman baru merupakan hal yang menyakitkan bagi seorang sahabat. Jangan pernah punya anggapan ia bisa tergantikan. Sahabatmu bukan sesuatu yang mudah diganti oleh barang baru.

 

Bertoleransi lah Kepada Sahabat

Perbedaan selamanya akan selalu ada. Hanya empati dan toleransi yang bisa menjaga agar setiap perbedaan menjadi indah. Toleransi akan mencocokkan kamu dengan dirinya lambat laun.

Pernahkan kamu dikatakan kembar saat berjalan bersama sahabatmu? Itu adalah level tinggi dalam persahabatan. Seringnya kalian bersama-sama menjadikan mindset semua orang ini bahwa kalian itu saudara kembar.

Jangan mempertahankan sikap keras kepala dan ingin menang sendiri. Mengedepankan ego akan merusak ikatan apapun itu. Hakikatnya tidak ada manusia yang  mau didikte manusia lainnya. Namanya hubungan pasti akan mengalami pasang surut dan kalian pasti tahu ini.

Semakin kalian saling tahu satu sama lain, akan semakin sering frekuensi kalian bertengkar. Karena kalian akan semakin banyak menemukan ketidak cocokan. Namun bukan lantas ketidak cocokan itu harus mengantar kalian pada perpisahan namun justru menguatkan.

Semakin dewasa bukan waktunya sering berganti-ganti sahabat maupun pasangan. Mencari sahabat atau pasangan baru adalah hal mudah, namun mempertahankannya agar selalu disisi kita adalah hal sulit dengan berbagai tantangannya sendiri. Jaga sahabatmu, jangan sampai terputus begitu saja.

Terima kasih.

[the_ad_group id=”54″]