Semangat Terus Untuk Indonesiaku !!!

75 tahun perjalanan begitu penuh cerita. Negeri yang mepunyai seribu kenangan serta pengharapan.

Darah, keringat, airmata tertampung dalam duka. Doa, tawa, dan semangat mengalir tiada pernah berhenti karena kita yakin akan kebebasan.

Jatuh dan bangkit bagai gelombang yang terombang-ambing di lautan lepas. Akan tetapi, sifat pemberani tidak pernah mati. Kita yakin bahwa negeri ini layak diperjuangkan.

75 tahun berlalu namun semangat kemerdekaan tidak boleh hanya tinggal sejarah. Diumurnya kini, Indonesia mengalami wabah seperti negara lainnya. Kita tidak perlu senjata seperti meriam atau bambu runcing lagi. Musuh kita bukanlah seperti yang dulu. Bersama dan saling menjaga untuk menempuh cahaya terang.

Berlari mungkin sudah pernah menjadi saksi, negeri ini mencoba mengejar cita-citanya. Kemuliaan yang tertuju untuk kita semua. Indonesia tidak akan pernah berhenti menyerah.

Awan begitu gelap di atas kita sekarang, lampu-lampu yang dulu terang kini kelihatan samar, senyuman yang dulu ada di wajah kini sembunyi di bawah keresahan karena ketakutan akan wabah. Bagaimana cara kita melalui ini semua?

Musuh ini harus kita hadapi bersama. Saling membantu dan menjaga keluarga dan teman-teman yang kita kenal. Membantu sesama yang sedang kesulitan. Membantu mereka yang sedang hilang pekerjaan maupun harapan.

75 tahun menjadi saudara dalam atas nama nasionalisme. Kemanusiaan dan rasa persaudaran telah kita jalanin karena yakin terhadap semangat leluhur.

Mungkin kita memang letih, hilang arah, dan terkadang ingin menyerah.Namun, titik terang akan terlihat apabila kita berhasil membuka pintu yang telah kita buka satu per satu di jalan yang gelap.

Doa, yakin, dan harapan akan selalu ada. Menyerah bukanlah jawaban, bersama dengan keyakinan bahwa kita bisa melaluinya adalah jawaban dari masalah yang kita alami.

75 tahun umur negeriku, dirgahayu Indonesia.